alat komunikasi kapal digunakan
untuk berhubungan antara awak kapal yang beada pada satu kapal, atau
dapat di gunakan untuk komunikasi dengan kapal lain, dan atau
berkomunikasi dengan darat.
zaman
dulu navigasi kapal atau arah tujuan kapal dilakukan dengan melihat
posisi benda-benda langit seperti matahari dan bintang-bintang dilangit,
nah lho kira-kira gimana ya klo langit langit mendung. pasti jadi susah
menentukan arah tujuan kapal untuk zaman sekarang lebih mudah dengan
alat-alat navigasi kapal modern.
nah sekarang kapal cargo mau membahas tentang alat navigasi kapal, ini dia alat-alat navigasi kapal :
1. MARINE RADAR Navigasi kapal
alat navigai Kapal
laut modern sekarang dilengkapi dengan alat navigasi kapal berupa
marine radar untuk mendeteksi kapal lain, cuaca/ awan yang dihadapi di
depan sehingga bisa menghindar dari bahaya yang ada di depan kapal.
nah ini dia gambar marine radar kapal..
ini lagi dia gambar marine radar alat navigasi kapal
RADAR merupakan singkatan
dari radio detection and ranging (ini bahasa menurut bahasa daerah
saya).radar merupakan suatu sistem yang digunakan untuk mendeteksi,
mengukur jarak dan membuat map benda-benda seperti pesawat dan hujan.
Istilah radar pertama kali digunakan pada tahun 1941, menggantikan
istilah dari singkatan Inggris RDF (Radio Directon Finding). Gelombang
radio kuat dikirim dan sebuah penerima mendengar gema yang kembali.
Dengan menganalisa sinyal yang dipantulkan, pemantul gema dapat
ditentukan lokasinya dan kadang-kadang ditentukan jenisnya. Walaupun
sinyal yang diterima kecil, tapi radio sinyal dapat dengan mudah
dideteksi dan diperkuat.(alat navigasi kapal)
sebagai
pelaut kita dapat mengubah kekuatan Gelombang radio radar yang
diproduksi dan mendeteksi gelombang yang lemah, dan kemudian
diamplifikasi( diperkuat ) beberapa kali. Oleh karena itu radar
digunakan untuk mendeteksi objek jarak jauh yang tidak dapat dideteksi
oleh suara atau cahaya. Penggunaan radar sangat luas, alat ini bisa
digunakan di bidang meteorologi, pengaturan lalu lintas udara, deteksi
kecepatan oleh polisi, dan terutama oleh militer.
Marine
radar dengan Automatic Radar Plotting Aid (ARPA) kemampuan dapat
membuat trek menggunakan kontak radar. Sistem ini dapat menghitung saja
tracking, kecepatan dan titik terdekat pendekatan (CPA), sehingga tahu
jika ada bahaya tabrakan dengan kapal lain atau daratan.
alat navigasi kapal ARPA khusus memberikan presentasi dari situasi navigasi kapal pada saat iitu dan dapat memprediksi navigasi atu ararah kapal beberapa saat kemudian dengan menggunakan teknologi komputer. alat navigasi kapal ARPA dapat memperhitungkan risiko tabrakan kapal, dan memungkinkan operator untuk melihat manuver kapal.berikut ini adalah fungsi alat navigasi ARPA :
a. dapat menuntukan arah navigasi kapal dengan persentasi RADAR KAPAL
b.
Otomatis akuisisi target akuisisi ditambah manual. Digital membaca
target diakuisisi yang menyediakan course kapal speed atau kecepatan
kapal, range, bearing, closest point of approach (CPA, and time to CPA
(TCPA).
c. Kemampuan untuk
menampilkan informasi tabrakan penilaian langsung pada PPI, dengan
menggunakan vektor (benar atau relatif) atau Prediksi grafis Luas Bahaya
(PAD) layar.
d. Kemampuan untuk
melakukan manuver kapal, termasuk perubahan. Tentu saja, perubahan
kecepatan, dan tentu saja gabungan / perubahan kecepatan. Otomatis
stabilisasi tanah untuk keperluan navigasi.
e. ARPA proses informasi radar jauh lebih cepat dari radar konvensional namun masih tunduk pada keterbatasan yang sama.
f. data ARPA seakurat data yang berasal dari input seperti giro dan log kecepatan kapal.
2. NAVIGASI SATELIT KAPAL
Satelit alat navigasi kapal
adalah satelit yang menggunakan sinyal radio yang disalurkan ke
penerima di permukaan tanah untuk menentukan lokasi sebuah titik kapal
dipermukaan bumi atau di lautan. Salah satu satelit navigasi yang
sangat populer adalah GPS milik Amerika Serikat selain itu ada juga
Glonass milik Rusia. Bila pandangan antara satelit navigasi kapal dan
penerima di tanah tidak ada gangguan, maka dengan sebuah alat penerima
sinyal satelit (penerima GPS), bisa diperoleh data posisi kapal di suatu
tempat dengan ketelitian beberapa meter dalam waktu nyata. Satelit
mata-mata adalah satelit pengamat Bumi atau satelit komunikasi yang
digunakan untuk tujuan militer atau mata-mata.
Salah satu perlengkapan modern untuk navigasi kapal
adalah Global Positioning Satelite/GPS kapal adalah perangkat yang
dapat mengetahui posisi koordinat bumi secara tepat yang dapat secara
langsung menerima sinyal dari satelit. Perangkat GPS kapal
modern menggunakan peta sehingga merupakan perangkat modern dalam
navigasi di darat, kapal di laut, sungai dan danau serta pesawat udara.
kapal tanpa alat navigasi gps bagaikan sayur tanpa garam..
ini dia gampar gps untuk alat navigasi kapal
maaf gambar diatas agak buram
3. PETA alat navigasi kapal
alat navigasi kapal yang ketiga adalah peta, peta merupakan perlengkapan utama dalam pelayaran kapal bentuk
dua dimensi (pada bidang datar) keseluruhan atau sebagian dari
permukaan bumi yang diproyeksikan dengan perbandingan/skala tertentu.
atau dengan kata lain representasi dua dimensi dari suatu ruang tiga
dimensi. Ilmu yang mempelajari pembuatan peta disebut kartografi.
a.Proyeksi peta menurut jenis bidang proyeksi dibedakan :
-Proyeksi bidang datar / Azimuthal / Zenithal
-Proyeksi Kerucut
-Proyeksi Silinder
b. Proyeksi peta menurut kedudukan bidang proyeksi dibedakan :
-Proyeksi normal
-Proyeksi miring
-Proyeksi transversal
c. Proyeksi peta menurut jenis unsur yang bebas distorsi dibedakan:
-Proyeksi conform, merupakan jenis proyeksi yang mempertahankan besarnya sudut
-Proyeksi equidistant, merupakan jenis proyeksi yang mempertahankan besarnya panjang jarak
-Proyeksi equivalent, merupakan jenis proyeksi yang mempertahankan besarnya luas suatu daerah pada bidang -lengkung
4. KOMPAS NAVIGASI KAPAL
alat navigasi kapal yang ke-4 adalah kompas, Kompas adalah alat navigasi kapal untuk menentukan arah kapal
berupa sebuah panah penunjuk magnetis yang bebas menyelaraskan dirinya
dengan medan magnet bumi secara akurat. Kompas memberikan rujukan arah
tertentu, sehingga sangat membantu dalam bidang navigasi. Arah mata
angin yang ditunjuknya adalah utara, selatan, timur, dan barat. Apabila
digunakan bersama-sama dengan jam dan sekstan, maka kompas akan lebih
akurat dalam menunjukkan arah. Alat ini membantu perkembangan
perdagangan maritim dengan membuat perjalanan jauh lebih aman dan
efisien dibandingkan saat manusia masih berpedoman pada kedudukan
bintang untuk menentukan arah navigasi kapal.
Penemuan bahwa jarum magnetik
selalu mengarah ke utara dan selatan terjadi di Cina dan diuraikan dalam
buku Loven Heng. Di abad kesembilan, orang Cina telah mengembangkan
kompas berupa jarum yang mengambang dan jarum yang berputar.Pelaut
Persia memperoleh kompas dari orang Cina dan kemudian
memperdagangkannya. Tetapi baru pada tahun 1877 orang Inggris, William
Thomson, 1st Baron Kelvin(Lord Kelvin) membuat kompas yang dapat
diterima oleh semua negara. Dengan memperbaiki kesalahan-kesalahan yang
timbul dari deviasi magnetik karena meningkatnya penggunaan besi dalam
arsitektur kapal.
Berikut ini adalah arah mata angin yang dapat ditentukan kompas.
• Utara (disingkat U atau N)
• Barat (disingkat B atau W)
• Timur (disingkat T atau E)
• Selatan (disingkat S)
• Barat laut (antara barat dan utara, disingkat NW)
• Timur laut (antara timur dan utara, disingkat NE)
• Barat daya (antara barat dan selatan, disingkat SW)
• Tenggara (antara timur dan selatan, disingkat SE)
Alat
apa pun yang memiliki batang atau jarum magnetis yang bebas bergerak
menunjuk arah utara magnetis dari magnetosfer sebuah planet sudah bisa
dianggap sebagai kompas. Kompas jam adalah kompas yang dilengkapi dengan
jam matahari. Kompas variasi adalah alat khusus berstruktur rapuh yang
digunakan dengan cara mengamati variasi pergerakan jarum. Girokompas
digunakan untuk menentukan utara sejati.
Lokasi
magnet di Kutub Utara selalu bergeser dari masa ke masa. Penelitian
terakhir yang dilakukan oleh The Geological Survey of Canada melaporkan
bahwa posisi magnet ini bergerak kira-kira 40 km per tahun ke arah barat
laut.menurut jenisnya kompal sebagai alat navigasi kapal di bagi
menjadi 2 yaitu, kompas analog dan digital (silahkan langsung aja deh
tanya mbah google).
nah ini di gambar kompas kapal
5. IRS alat navigasi kapal
alat navigasi kapal modern yang kelima adala IRS(Inertial Reference Sytem). IRS kapal adalah perangkat yang dapat mengetahui posisi koordinat kapal berdasarkan efek inertial. Tidak seperti GPS kapal
perangkat IRS kapal tidak memerlukan stasiun sehingga sangat cocok
untuk digunakan di bumi maupun di ruang angkasa. Perangkat IRS modern
kapal menggunakan peta sehingga merupakan perangkat modern sebagai alat navigasi kapal di laut, selain itu IRS juga bisa di gunakan sebagai alat navigasi di darat , navigasi pesawat udara serta di ruang angkasa.
gambar perangkat IRS(Inertial Reference Sytem).
lihat gambar diatas membingungkan ya,gimana cara pasangx ya???
dari penjelasan diatas kapal cargo telah membahas tentang alat navigasi kapal, giliran selanjutnya alat komunikasi kapal.
6. TELEGRAF alat komunikasi kapal
alat komunikasi kapal telegraf
merupakan sebuah mesin untuk mengirim dan menerima pesan pada jarak
jauh kapal .mengunahkan Kode Morse dengan frekwensi gelobang radio, kode
morse adalah metode dalam pengiriman informasi, dengan menggunakan
standard data pengiriman nada atau suara,cahaya dengan membedakan
ketukan dash dan dot dari pesan kalimat, kata,huruf, angka dan tanda
baca. Kode morse dapat dikirimkan melalui peluit,bendera, cahaya, dan
ketukan morse.
eh ternyata gambar telegraf kaya' itu ya bentuknya, jujur saya juga baru tau.
Pesan
pada telegraf dikirimkan oleh operator telegraf (telegrapher)
menggunakan kode morse yang dikenal dengan nama “telegram” atau
“kabelgram”, dan sering disingkat dengan pesan kabel atau kawat. Sebelum
telepon jarak jauh (interlokal) diperkenalkan dan digunakan, telegram
ini sangat terkenal pemakaiannya.
Kata
telegraf yang sering didengar saat ini, secara umum merupakan telegraf
elektrik. Telegraf ditemukan oleh seorang warga Amerika Serikat bernama
Samuel F.B. Morse bersama dengan asistennya Alexander Bain.
7. Marine VHF radio (alat komunikasi kapal)
Marine
VHF radio merupakan alat komunikasi kapal yang dipasang untuk memenuhi
tujuan komunikasi kapal yaitu memanggil tim penyelamat dan berkomunikasi
dengan pelabuhan, kunci, bridges and marines, dan marine vhf radio
beroperasi di rentang frekuensi VHF, antara 156-174 MHz. Walaupun secara
luas alat komunikasi kapal marine vhf radio digunakan untuk menghindari
tabrakan, satu set marine vhf radio adalah gabungan pemancar dan
penerima dan hanya beroperasi pada standar, frekuensi internasional
dikenal sebagai salurannya.
Channel
16 (156.8 MHz) adalah panggilan internasional. Marine VHF radio
kebanyakan menggunakan "simplex" transmisi, dimana komunikasi hanya
dapat terjadi dalam satu arah pada satu waktu. Sebuah tombol transmisi
pada set atau mikrofon menentukan apakah itu beroperasi sebagai pemancar
atau penerima. Mayoritas saluran, bagaimanapun, adalah sisihkan untuk
transmisi "duplex" saluran di mana komunikasi dapat berlangsung dalam
dua arah secara bersamaan [3]. Setiap saluran dupleks memiliki dua
penetapan frekuensi. Hal ini terutama karena, pada hari-hari sebelum
ponsel dan satcomms menjadi luas, saluran dupleks dapat digunakan untuk
menempatkan panggilan pada sistem telepon umum untuk biaya melalui
operator laut. Fasilitas ini masih tersedia di beberapa daerah, meskipun
penggunaannya sebagian besar telah mati. Di perairan AS, Marine VHF
radio juga dapat menerima siaran radio cuaca, di mana mereka yang
tersedia, pada saluran, menerima hanya WX1 wx2, dll.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar